5 Perbedaan & Kelebihan Plasma dan Laser Cutting

Secara garis besar, Plasma tercatat lebih dulu hadir dibanding laser cutting. Meskipun demikian, bukan berarti plasma lebih unggul dibanding laser cutting. Keduanya memiliki fungsi dan kegunaanya tersendiri.Agar tidak salah persepsi mari kita lihat secara detail perbedaan dan kelebihan antara Plasma VS Laser Cutting di bawah ini.

Plasma Cutting

Plasma cutting adalah teknik memotong dengan menggunakan metode listrik dengan tingkat suhu udara mencapai titik plasma ribuan celcius, Lalu kemudian diarahkan ke logam yang akan dipotong.

Plasma cutting bisa dikatakan prosesnya sangat sederhana, karena hanya membutuhkan pasokan udara yang kemudian dipadatkan serta aliran listrik AC.

Kelebihan

  • Memiliki akurasi pemotongan yang sangat baik karena menggunakan suhu yang sangat tinggi serta pemotongannya akan tetap stabil meski dalam keadaan apapun.
  • Hasil potongan akan selalu rapi, tepat, dan sesuai keinginan.
  • Energi yang dibutuhkan dalam proses kerjanya sedikit karena prosesnya berjalan dengan cepat.
  • Pemotongan dengan mesin plasma CNC memiliki kemampuan untuk memotong bahan logam yang cukup tebal hingga 80mm.
  • Mampu memotong aneka macam motif yang sulit dan juga rumit.
  • Bahan-bahan yang bisa dipotong bukan hanya bahan logam yang keras saja melainkan ; kayu, stainless steel, bahan akrilik, cork, multipleks dan lain sebagainya.
  • Selain kayu dan juga logam, mesin plasma juga bisa digunakan untuk proses pembuatan dari eksterior dan interior. Seperti ; furniture, pakaian, peralatan rumah tangga dan masih banyak lagi.

Laser Cutting

Laser cutting berguna untuk melakukan sebuah proses pemotongan material menggunakan laser, dan hasil potongan yang dihasilkan sangat berkualitas serta lebih akurat secara dimensi.

Kelebihan

  • Proses non-kontak, yang artinya laser cutting dalam prosesnya tidak menyentuh secara fisik terhadap material yang dikerjakannya, namun menyebabkan proses peleburan dan pemotongan melalui panas.
  • Konsumsi daya laser cutting sangatlah rendah dan ini menjadi keuntungan penting bagi setiap industri pemotongan bahan material.
  • Metode lebih safety, karena proses pemotongannya menggunakan sinar yang disegel kotak cahaya yang rapat.
  • Dapat memproses pemotongan bahan logam yang berbeda, seperti misalnya ;logam, berlian, plastik, dan kayu.
  • Presisi yang sangat luar biasa.

 

Kesimpulan Plasma dan Laser Cutting

Jika kita simpulkan antara keduanya memang tidak bisa dilihat secara satu sisi, keduanya memiliki kelebihannya masing-masing. Plasma cutting dapat memotong berbagai jenis logam hingga ketebalan 80mm, sedangkan laser cutting hanya mampu memotong jenis logam hingga ketebalan 25mm.

Jika dilihat dari sistem penggunaan, Plasma cutting bisa dikatakan lebih berbahaya dibanding laser cutting, dan karena sebab inilah pemotongan dengan teknik Plasma cutting hanya dilakukan oleh para pengguna professional.

Disisi lain, mesin Laser cutting dalam prosesnya hanya menggunakan lebih sedikit energi dibanding plasma cutting, dan karena itulah laser cutting menjadi lebih ramah lingkungan dalam proses pemotongan bahan material.

Keduanya memiliki perbedaan dan kelebihan yang banyak bisa ambil manfaatnya dan sangat berguna di bidang industri pemotongan bahan material.

error: Error..!!