Merk Pompa Air Yang Bagus Untuk Sumur Bor

Beda kedalaman sumur bor, beda pula jenis pompanya. Jangan sampai salah pilih jenis pompa air yang bagus untuk sumur bor Anda.

Hal yang paling penting dalam memilih jenis pompa air yang bagus untuk sumur bor adalah berdasarkan kedalaman sumur. Sumur bor yang dangkal (kurang dari 10 meter) menggunakan pompa air yang berbeda spesifikasinya dengan sumur bor dalam (lebih dari 10 meter).

Bahkan untuk sumur bor dalam pun perlu dilihat lebih lanjut. Karena tentu akan berbeda spesifikasi dan kekuatan yang dibutuhkan untuk sumur sedalam 50 meter dengan sumur sedalam 100 meter. Di bawah ini akan dijabarkan spesifikasi dan jenis pompa yang bagus untuk sumur bor.

Pompa Air Sumur Dangkal

Pompa air untuk sumur bor dangkal sering disebut juga dengan pompa semi jet (semi jet pump). Pompa ini dipakai untuk sumur dengan kedalaman 0 hingga 10 meter. Jenis Pompa Air untukĀ  Sumur Dangkal terdiri dari beberapa kategori, yaitu:

Pompa Air Sumur Dangkal Watt Kecil

Untuk jenis pompa air ini, terdapat beberapa kategori. Yaitu Pompa Air Sumur Dangkal 75 Watt, 125 Watt, dan 200 Watt. Pompa ini dapat menghisap air dari sumur dengan kedalaman maksimal 6 meter. Dengan daya dorong antara 16 hingga 50 liter air per menit.

Untuk pompa sumur dangkal, merk Sanyo PDWH20B cukup tangguh di kelas 200 Watt. Pilihan lainnya adalah Shimizu PS135E dan pompa air Panasonic

Pompa Sumur Dangkal Semi Jet

Pompa semi jet dapat digunakan di sumur bor dengan kedalaman maksimal 10 meter. Daya dorongnya lebih besar, hingga 75 liter air per menit. Pompa ini pun tersedia dalam dua jenis, yaitu otomatis dan manual. Selain digunakan pada sumur bor, pompa semi jet juga dapat digunakan di sumur galian, kolam penampungan, maupun untuk menyedot air PDAM.

Pompa Air Sumur Dalam

Pompa air sumur dalam dipakai untuk sumur dengan kedalaman 10 meter atau lebih dalam lagi. Pompa ini juga memiliki dua jenis yaitu pompa jet (jet pump) dan pompa submersible. Keduanya dipakai untuk dua jenis sumur bor berbeda. Berikut adalah penjelasannya.

Pompa Jet (Jet Pump)

Pompa jet memiliki keterbatasan daya hisap sehingga dipakai pada sumur dengan kedalaman maksimal 60 meter. Dari segi teknik pemasangan, pompa ini tidak berbeda dengan pompa sumur dangkal. Hanya saja instalasi pipa yang dibutuhkan memiliki dua jalur. Salah satu pipa berfungsi sebagai jet atau pendorong air menuju pipa penghisap.

Berhubung beban kerjanya lebih berat, pompa ini membutuhkan daya listrik yang lebih besar pula. Motor atau penggeraknya pun memiliki kekuatan yang lebih besar daripada pompa sumur dangkal. Dari segi harga, pompa jet untuk sumur dalam masih cukup terjangkau untuk masyarakat kelas menengah. Namun tentu saja lebih mahal daripada pompa sumur dangkal.

Bukan hanya sumur bor yang dapat memakai pompa jenis ini. Sumur galian biasa yang memiliki kedalaman lebih dari 10 meter juga dapat menggunakannya. Untuk merk yang direkomendasikan, Anda bisa mencoba Sanyo PDH-250B atau Waterplus JT-388PAT yang bisa dipasang pada sumur hingga kedalaman 80 meter.

Mesin Pompa Air Submersible

Berbeda dengan dua pompa sebelumnya, pompa air submersible dioperasikan di dalam air. Justru jika dipakai di luar air dalam jangka waktu lama pompa ini akan rusak. Pompa ini dipakai untuk sumur bor submersible, yang memiliki kedalaman hingga 100 bahkan 200 meter.

Jika pompa jet memiliki daya hisap dan dorong, maka pompa submersible hanya memiliki daya dorong. Daya dorong ini dapat disesuaikan, antara kekuatan mesin dengan kebutuhan debit air yang dibutuhkan.

Pompa submersible juga disebut dengan nama pompa sentrifugal. Susunan kipas pompa ini lebih dari satu dan diputar oleh sebuah motor listrik. Hasil putaran inilah yang akan mendorong air hingga ke permukaan.

Kelebihannya adalah pemakaian yang ringkas karena pompa dimasukkan ke dalam kasing sumur bor. Selain itu pompa ini juga tidak berisik. Pompa juga tidak mudah panas karena air di sekitarnya akan menjadi pendingin alami. Pompa air merk Zoeller, Hydromatic A-1 dan Wayne CDU 790 cukup recommended dengan daya dorong kuat dan ketahanan yang mumpuni.

Namun, sesuai dengan daya kerjanya yang tinggi, tentu harga pompa ini juga lebih mahal. Apalagi jika membangun sumur bor submersible Anda tidak hanya membutuhkan pompa namun juga perlengkapan lain. Termasuk pipa yang jauh lebih panjang dari sumur bor biasa. Pompa submersible juga membutuhkan daya listrik yang besar.

Demikian jenis pompa air yang bagus untuk sumur bor. Silahkan memilih jenis pompa yang cocok dengan kedalaman sumur bor yang akan Anda bangun. Semoga bermanfaat.