Mengenal Laser Cutting, dan Produk yang Dihasilkan

Bagi Anda yang awam tentang laser cutting, pada artikel ini kita akan membahas secara detail tentang Apa Itu Laser Cutting, dan Produk yang Dihasilkan.  Simak terus informasi lengkapnya berikut ini.

Mengenal Laser Cutting

Dilansir dari berbagai sumber, Laser cutting merupakan sebuah proses pemotongan material menggunakan laser, hasil potongan yang dihasilkan sangat berkualitas serta lebih akurat secara dimensi.

Sedangkan untuk cara kerja Laser Cutting  itu sendiri adalah dengan cara mengarahkan output lasernya melalui nozzle ke material tertentu.

 

Disamping itu, ada juga yang dinamakan CNC (Computer Numerical Control), CNC ini digunakan untuk mengarahkan sinar laser yang dihasilkan.

Selain itu ada juga yang dinamakan Laser komersial, Laser ini digunakan untuk melakukan pemotongan material dengan menggunakan motion control system setelah itu kemudian mengikuti CNC / G-code dari pola yang akan dipotong. Sinar lasernya fokus diarahkan pada material, dengan kombinasi panas dan tekanan untuk memulai pemotongan.

Material tersebut nantinya akan meleleh dan menghasilkan tepi dengan permukaan akhir yang berkualitas tinggi.

Dan untuk benda-benda atau material yang dapat dipotong menggunakan sinar laser diantaranya ;

  • Plastik
  • Logam
  • Kayu
  • Batu mulia
  • Akrilik
  • Stainless steel, dan
  • Beberapa material lain, terutama yang berbentuk lembaran.

Pada era sekarang ini, laser cutting lebih banyak digunakan pada pekerjaan yang lebih menekankan unsur seni dekoratif. Hal ini dikarenakan gambar produk yang memiliki detail yang rumit, akan sangat lama dan kurang presisi apabila dikerjakan dengan manual.

Keunggulan Laser Cutting

Disamping itu Laser Cutting memiliki 3 keunggulan yang diantaranya ;

  1. Proses Lebih cepat

Pengerjaan dikerjakan menggunakan mesin, alhasil kecepatan produksi dari mesin laser terbilang sangat cepat.

  1. Hasil potongan rapi

Proses yang sudah dilalui secara otomatisasi ini, akan membuat hasil potong menjadi lebih rapi karena mengikuti design yang di-input.

  1. Bisa untuk berbagai jenis bahan

Keunggulan yang terakhir adalah hampir semua jenis material bisa diproses menggunakan mesin laser. Dan karena hal inilah,  mesin laser menjadi sebuah mesin yang sangat diandalkan oleh para pelaku usaha.

 

Produk yang Dihasilkan

Berbagai macam produk yang bisa dihasilkan dengan metode Laser cutting adalah sbb ;

1. Pagar

Pagar rumah merupakan contoh produk yang paling sering untuk laser cutting. Hasilnya sangat detail karena setiap desain menggunakan sistem komputer.

2. Lemari

Produk yang bisa dilahirkan dengan laser cutting selanjutnya adalah lemari. Seperti yang kita ketahui, Jenis lemari di pasaran sangat beragam bahan bakunya. Misalnya saja ;

  • Kayu
  • Plastik
  • MDF
  • hingga metal yang di cutting dan diproses melalui fabrikasi logam.

 

3. Reklame

Selain bahan kayu, plastik dan MDF. Laser cutting juga bisa menghasilkan produk non metal seperti reklame atau sign board.

 

4. Hiasan Dinding

Laser Cutting ternyata bisa menghasilkan salah satu produk hiasan dinding seperti pada gambar diatas. Selain itu, Hiasan dinding yang dihasilkan juga bisa menggunakan material yang sangat beragam. Tapi pada umumnya, material yang sering digunakan adalah

  • Akrilik,
  • MDF, dan
  • leather.

 

5. Partisi Ruangan

Partisi ruangan merupakan salah satu produk Laser cutting yang banyak dicari beberapa orang. Laser cutting banyak dimanfaatkan untuk proses pembuatan partisi ruangan seperti tangga, railing ataupun sekat ruangan karena bisa membentuk pola yang rumit dan proses pengerjaan yang begitu cepat.