6 Tips Memilih CCTV (Sebelum Beli)

Setiap orang pasti menginginkan adanya kepastian, kenyamanan, keamanan baik ketika di rumah maupun sedang bepergian ke luar rumah. Berita kemalingan, kriminalitas pembunuhan, perampokan, dan berbagai kejahatan mengerikan lainnya kerap terjadi di berbagai berita, termasuk di rumah.

Beberapa hal tersebut tentu membutuhkan teknologi pengawasan untuk bisa menurunkan resiko terjadinya hal yang tidak diinginkan, yang membuat pelaku kejahatan mengurungkan niatnya atau bisa merekam jelas berbagai kejadian. Terutama kondisi perumahan yang memang rentan keamanan.

Nah, sebelum membeli CCTV yang tepat, berikut ada beberapa tips memilih CCTV agar rumah terjaga keamanannya dari kejahatan seperti maling:

Sadari Apa Kebutuhan Anda

Tipe ruangan indoor atau outdoor, tingkat intensitas cahaya, jenis keterhubungan kabel, dan lain sebagainya menentukan jenis apa yang hendak kita beli. Sekarang ada banyak macam CCTV di pasaran. Anda wajib menyadari terlebih dahulu, jenis CCTV secara umum seperti apa yang sedang dibutuhkan. Setelahnya, baru anda bisa menentukan produk secara spesifik seperti apa yang dicari.

Pilih model beserta fitur CCTV

Model CCTV yang sangat bervariasi, mulai dari yang CCTV yang terlihat jelas, sampai dengan yang super kecil atau terselubung. Secara bentuk, ada juga CCTV yang berbentuk kotak/box, berbentuk bola lampu dan bisa menyala sungguhan sehingga punya fungsi ganda yakni untuk menerangi dan memantau situasi. Ada juga CCTV yang bisa berotasi untuk menjangkau penglihatan yang lebih luas, ada pula yang hanya bisa diam statis menyorot satu frame keadaan.

Sesuaikan dengan budget

Dengan model CCTV yang sangat beranekaragam, membuat harganya juga bervariasi. Ada yang harganya mulai dari ratusan ribu, ada juga yang sampai jutaan. Anda dapat memutuskan CCTV mana salah satunya dengan pendasaran budget yang dimiliki. CCTV dengan fitur yang lebih banyak akan menyebabkan harganya yang semakin mahal. Sedangkan CCTV dengan fitur yang lebih sedikit tentu memiliki harga yang lebih murah, namun tidak selalu kualitasnya jelek. Semua jenis bisa anda pilih dengan teliti agar pas dengan budget maupun kebutuhan.

Minta saran ahli

Jika ini pertama kalinya anda membeli perangkat CCTV, bisa jadi anda butuh rekomendasi dari orang yang lebih memahami hal ini. Mungkin ada dari kerabat keluarga atau teman anda yang sudah pernah membeli dan memakai CCTV sebelumnya. Biasanya, mereka bisa memberikan saran terbaik untukmu berbasis pengalamannya. Jika situasi memungkinkan, anda juga bisa melihat secara langsung CCTV yang digunakan oleh kerabat atau teman anda di rumahnya, sekaligus melihat gambar yang dihasilkan dari kamera CCTV itu.

Cek review di internet

Zaman informasi seperti ini, membuat orang semakin mudah mengecek bagus atau tidaknya sebuah produk, salah satunya dengan melihat berbagai ulasan pengguna berbagai jenis toko CCTV yang ada di internet.

Dari berbagai macam merk, jenis, dan harga CCTV, anda bisa mengecek ulasan dari pengguna lain mengenai produk yang anda amati. Sehingga, kekurangan-kelebihan dari sebuah produk, bisa kita pahami dengan jelas

Perhatikan masa garansi

Adanya garansi merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan saat membeli produk elektronik yang dalam hal ini adalah CCTV. Karena teknologi secanggih apapun, masih bisa saja rentan rusak. Sehingga, masa garansi jadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan, yakni semakin lama masa garansi, tentu makin menguntungkan bagi anda sebagai pembeli.

 

Nah, pilihlah jenis CCTV terbaik anda dengan mempertimbangkan beberapa poin di atas ya, agar rumah kamu bisa terjaga keamanannya dengan CCTV yang sudah anda pilih.

error: Error..!!