3 Tips Pemilihan Lokasi Pemasangan CCTV

Selain meriset jenis CCTV yang tepat, menentukan lokasi peletakan CCTV juga menjadi bagian penting dalam mengupayakan pengawasan keamanan suatu tempat terutama di rumah.

Namun, bagi yang belum pernah memasang CCTV sama sekali tentu mengalami kebingungan dalam hal pertimbangan lokasi yang terbaik untuk dipasang CCTV.

Atau mungkin, sudah pernah memasang namun menemui ketidaktepatan lokasi sehingga CCTV tidak bisa bertahan lama karena rusak atau tidak bisa mengambil rekaman kejadian karena hilang, dirusak, dlsb.

Nah, anda berada pada artikel yang tepat. Simak 3 tips untuk mengetahui peletakan kamera CCTV yang tepat ini.

  1. Jarak dengan cahaya yang proporsional

Kondisi pencahayaan yang bagus tentu sangat mendukung gambar yang juga semakin jelas, dibanding saat kondisi gelap. Namun yang perlu diperhatikan adalah bagaimana cahaya yang mengenai CCTV tidak terlalu intens seperti di saat cuaca sangat cerah (untuk outdoor seperti di teras depan rumah) atau posisi dekat dengan lampu (untuk indoor).

Intensnya cahaya ini justru membuat gambar yang ditampilkan menjadi lebih buram karena kamera terfokus pada bagian terang.

Sehingga, lebih baik menempatkan CCTV di area yang cukup pencahayaannya. Tidak terlalu terpapar cahaya benderang, ataupun di tempat berpencahayaan redup, kecuali CCTV-nya memiliki fitur infrared yang bisa memantau dalam kondisi gelap.

  1. Penempatan menjangkau lingkup yang luas

Fungsi CCTV adalah menjangkau sudut pandang yang cukup untuk memantau seisi ruangan atau kondisi yang cukup.

Jika CCTV ditempatkan di tengah ruangan atau di sudut yang hanya menyorot sebagian lingkungan, tentu akan sangat disayangkan ketika ada kejadian yang ternyata berlangsung di bagian yang tidak terjangkau kamera CCTV.

Sehingga, penempatan CCTV terbaik ada pada sudut atau tempat yang itu bisa meraih pemandangan menyeluruh di sekitar pemasangan CCTV. Akan lebih mantap lagi ketika CCTV yang dipasang bisa menjangkau seluruh area sekitar CCTV karena bisa berputar ke segala penjuru.

  1. Pastikan lokasi CCTV aman dari perusakan/kerusakan

Seringkali, CCTV rusak bukan karena sudah masanya atau terlalu lama sehingga terjadi penurunan fungsi. Tetapi karena ada kontaminasi kotoran maupun air yang merusak komponen di dalam CCTV.

Bahkan, bisa juga ada pihak yang sengaja merusak untuk menyembunyikan niat jahatnya seperti mengambil hardisk, DVR, atau memutus kabelnya. Kerusakan atau perusakan yang menimpa CCTV ini tentu tidak menjadi hal yang diinginkan siapapun yang mempunyai CCTV untuk memantau lingkungannya bukan?

Sehingga, ini tips agar penempatan CCTV, membuat CCTV lebih aman

  1. Lokasi terselubung lebih baik: biasanya perusakan terjadi ketika pelaku tindak kejahatan mengetahui adanya alat ini ketika mereka hendak melancarkan aksinya. Penempatan yang paling baik adalah ketika CCTV dipasang disuatu tempat atau sudut yang membuat orang di lingkungan tersebut tidak mengetahui dengan mudah bahwa ada alat yang sedang memantau gerak-gerik mereka ini.
  2. Ketinggian CCTV yang tepat: Selain CCTV ditempatkan di lokasi tersembunyi, ketinggian dalam penempatan CCTV juga perlu diperhatikan. Semakin tinggi, akan semakin bagus. Karena misalnya CCTV berhasil diketahui, namun pelaku kejahatan akan kesulitan dalam merusaknya karena menggapainya pun terasa sangat sulit.
  3. Sudut yang ideal: terakhir, posisi dalam pemasangan CCTV ini juga penting mengingat gangguan bisa saja terjadi ketika ada objek yang baik sengaja maupun tidak sengaja yang menutupi kamera CCTV sehingga ketika CCTV masih berfungsi dalam mengambil rekaman gambar maupun video, tapi tidak bisa berfungsi ketika ada yang menutupi.

Begitulah 3 tips agar kamu bisa memasang CCTV dengan aman, tepat, dan tentunya tahan lama sehingga membuat CCTV kamu bisa berfungsi dalam hal pemantauan keamanan.

error: Error..!!