7 Komponen Kamera CCTV Wajib Diketahui

Setiap hal, termasuk perangkat teknologi berupa CCTV, memiliki unsur penyusun yang memiliki fungsi satu sama lain agar fungsi utama dari benda tersebut bisa berjalan.

Semakin ke sini, isu mengenai keamanan di berbagai tempat menjadi hal yang wajib untuk dijaga, yang salah satunya dengan CCTV. Di rumah, di kantor, bank, supermarket, jalan raya, maupun tempat umum lainnya perlu perangkat CCTV sebagai penjawab kebutuhan keamanan itu.

Namun, CCTV tidak bisa menjalankan fungsinya sebagai sistem pemantau atau pengawasan, jika tidak ada beberapa komponen berikut ini :

Kamera CCTV

Seperti fungsi pada umumnya, kamera pada CCTV berperan dalam menangkap kejadian di lingkungan yang disorot oleh kamera ini. Sudut pandang yang diambil, keluasan, tingkat kualitas gambar/video yang diambil oleh kamera, sangat bergantung pada jenis kamera CCTV.

Bahkan, seandainya butuh pengambilan gambar di situasi gelap, bisa juga memilih kamera yang mempunyai kapasitas untuk itu seperti infra red.

Kabel CCTV dan Konektor RF

Untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat selainnya, kabel CCTV ini lah yang berperan. Ada yang bernama kabel coaxial, untuk penghubung antara CCTV ke DVR. Ada pula kabel power, berguna untuk menyuplai daya listrik secara terpusat untuk kemudian disalurkan ke kamera CCTV.

Tidak lupa, ada juga konektor yang itu bertugas untuk menjadi komponen penghantar yang terpasang di ujung kabel coaxial. Sehingga, CCTV dengan perangkat DVR selain karena kabel, juga dibantu terhubung karena adanya konektor RF ini.

Seperti kabel CCTV, konektor juga ada dua yakni konektor DC untuk power CCTV dan ada juga onektor BNC untuk konektor kabel power.

DVR (Digital Video Recorder)

Komponen yang berperan besar dalam pengolahan data gambar yang sangat penting dan telah direkam melalui kamera CCTV adalah DVR ini. Umumnya, alat ini berbentuk seperti dvd di zaman dahulu untuk menyalakan CD film atau video album, yakni balok pipih.

Benda ini menjadi sentral pengolahan informasi dari seluruh perangkat CCTV yang terpasang. Dengan DVR, kita bisa mengamati kejadian yang sudah terjadi di monitor komputer maupun perangkat lain dalam bentuk digital atau analog.

Untuk menghindari pencurian data, bisa melakukan proteksi benda ini dengan menyimpan hanya di ruang rahasia.

Media Penyimpanan

DVR bisa menjalankan fungsinya jika ada pasangan satu paketnya ini, yakni storage. Jika DVR tugasnya mengolah, media penyimpanan berfungsi untuk menampung berbagai data yang sudah terekam.

Jenis penyimpanan ini sangatlah bervariasi, mulai dari hardisk, Cloud, SSD, atau NAS.

Power Supply

Penyuplai daya, nama yang sesuai dengan fungsi adanya komponen ini. Benda yang termasuk dalam satu paket CCTV bermanfaat untuk memastikan kesediaan serta mengalirkan tegangan listrik ke kamera. Supaya, semua perangkat CCTV bisa bekerja sesuai peran masing-masing.

Uniknya, satu power supply bisa mengalirkan energi listrik ke 16 buah kamera CCTV.

Monitor atau Device Pemantau

Jika sudah direkam, tentu kita butuh perangkat untuk mengamatinya bukan? Monitor atau devide pemantau ini lah yang menampilkan hasil pemantauan kamera CCTV secara live. Bisa juga digunakan untuk melihat rekaman di waktu yang sudah berlalu.

Secara jenis, ada beragam mulai dari monitor tabung, LED, LCD, ataupun CRT. Bahkan untuk CCTV bermodel wireless atau berbasis internet, sudah bisa menggunakan gadget kita untuk mengamati kejadian secara real-time.

 

Itulah beberapa bagian penting yang menjadikan satu paket CCTV bekerja dengan baik. Jika salah satunya saja rusak, misalnya bagian kamera rusak, tentu tidak ada gambar/video yang terekam dan diolah. Sehingga tidak muncul ke media penampil situasi yang harusnya kita lihat.

Sekian penjelasan mengenai beberapa komponen CCTV. Semoga bisa paham informasi terkait komponen CCTV dan bisa merawat masing-masingnya dengan baik dalam rangka menjaga keamanan ya!