7 Keuntungan Sumur Bor Sebagai Sumber Air

Saat ini penggunaan sumur bor sudah sangat lazim di masyarakat. Terdapat beberapa keuntungan menggunakan sumur bor sebagai sumber air di pemukiman.

 

Jika dahulu masyarakat umumnya menggunakan sumur galian sebagai sumber air tanah, maka kini sebaliknya. Penggunaan sumur bor lebih populer. Beberapa keuntungan menggunakan sumur bor dibandingkan dengan sumur galian maupun air PDAM menjaadikan jenis sumur ini banyak dipilih masyarakat. Baik sebagai sumber air rumah tangga maupun instansi.

Dari sisi biaya, membuat sumur bor memang lebih mahal. Pembuatnya pun tidak bisa sembarang orang karena menuntut keahlian dan profesionalitas. Namun hasilnya yang lebih baik membuat sumur bor tetap menjadi pilihan.

Pengertian Dan Jenis-Jenis Sumur Bor

Sumur bor memiliki beberapa jenis, dengan kedalaman dan cara kerja yang berbeda. Masing-masing memiliki keuntungan tersendiri. Berikut ini adalah penjabaran tiga jenis sumur bor yang paling banyak digunakan.

Sumur Bor Jet Pump

Sumur bor ini adalah yang paling umum digunakan di pemukiman. Digali dengan kedalaman hingga 40 meter, sumur bor jet pump dapat memenuhi kebutuhan air rumah tangga, sekolah, maupun kos-kosan skala kecil dan menengah.

Sumur Bor Semi Jet Pump

Pada sumur bor semi jet pump, kedalaman sumur hanya sekitar 0 hingga 25 meter saja. Jenis sumur ini lazim dibangun di perumahan dengan tipe rumah kecil. Bisa juga untuk memenuhi kebutuhan air di toilet umum taman atau instalasi kecil lainnya.

Sumur Bor Submersible

Sumur bor submersible menggunakan mesin pompa yang dipendam di dalam tanah. Sumur ini kedalamannya dapat mencapai 80 meter dan air yang didapatkan akan jauh lebih banyak dari dua jenis sumur bor sebelumnya. Sumur bor submersible dapat digunakan untuk beberapa rumah di suatu pemukiman. Industri kecil dan menengah, kos-kosan atau penginapan, serta perkantoran.

Keuntungan Menggunakan Sumur Bor

Di bawah ini adalah tujuh keuntungan menggunakan sumur bor dibandingkan sumur galian biasa maupun PDAM sebagai sumber air.

Sumber Air Gratis

Menggunakan sumur bor secara jangka panjang akan lebih hemat karena tidak perlu membayar tagihan air PDAM. Dengan kata lain, pengguna akan mendapatkan sumber air gratis dari dalam tanah.

Air yang dihasilkan lebih jernih

Karena sumur bor relatif lebih dalam daripada sumur galian biasa, air yang dihasilkan lebih jernih dan bersih. Pada beberapa kasus pengguna bisa saja mendapatkan air yang keruh atau kekuningan. Namun hal tersebut karena kualitas air di tempat tersebut tidak baik. Bukan karena jenis sumurnya.

Proses Pembuatannya Lebih Cepat

Jika sumur galian dibuat secara manual dengan tenaga manusia, maka sumur bor menggunakan mesin khusus untuk menembus tanah hingga ke sumber mata air. Proses penggaliannya hanya memakan waktu satu hingga dua hari, jika lancar dan sumber mata air tidak terlalu dalam. Pembuatannya pun tidak memerlukan banyak tenaga kerja.

Lebih Mudah Menentukan Kedalaman Sumur

Karena menggunakan mesin modern, tentu akan lebih mudah dalam mencari sumber mata air dan menentukan kedalaman sumur yang diinginkan.

Tidak Memerlukan Lahan yang Luas

Berbeda dengan sumur galian, sumur bor hanya memerlukan lubang yang kecil. Hanya seukuran pipa paralon. Hal ini merupakan keuntungan tersendiri bagi masyarakat yang memiliki lahan terbatas karena sumur ini tidak memakan banyak tempat.  Sumur bor bahkan bisa dibuat di dalam rumah atau di pojok halaman.

Airnya Tidak Mudah Tercemar

Karena sumur bor menggunakan pipa PVC atau pipa galvanis,  Pipa-pipa ini disambung secara teknik dan presisi sehingga air tidak akan mudah tercemar. Sumur bor juga digali dengan kedalaman antara 25-250 meter sehingga air yang didapat lebih murni.

Penggunaannya Lebih Praktis

Selain bisa dibangun dimana saja dan tidak memerlukan lahan yang luas, sumur bor juga menggunakan mesin yang kuat dan mampu menarik air dalam jumlah banyak. Dengan begitu satu sumur bor saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Pengguna sumur bor juga tinggal menggunakan mesin air dan bisa menyimpan persediaan air di dalam toren. Jauh lebih praktis dan menghemat tenaga daripada harus menimba air dari sumur galian. Di beberapa wilayah, air yang keluar dari sumur bor juga jauh lebih kencang dibandingkan air dari pipa PDAM sehingga akan jauh lebih cepat memenuhi kebutuhan air di rumah.

Demikian tujuh keuntungan menggunakan sumur bor, jika dibandingkan dengan menggunakan sumur galian maupun PDAM. Semoga bermanfaat.