4 Jenis & Bentuk Kamera CCTV

Salah satu alat teknologi membantu dalam hal pengawasan keamanan adalah CCTV. Closed Circuit Television ini memiliki banyak jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Namun secara umum, semua kamera CCTV memiliki prinsip kerja yang sama yakni menghasilkan gambar/video rekaman situasi di tempat publik maupun rumah yang bisa kita akses melalui berbagai device.

Dengan CCTV, kita bisa mengakses setiap kejadian. Kejadian tersebut bisa berupa reka ulang adegan kriminal seperti pencurian, perampokan, pembunuhan, atau kejadian seperti kecelakaan, dsb. Sebagai jasa pemasangan CCTV medan yang berpengalaman, kami akan membagikan informasi seputar jenis kamera CCTV yang populer di pasaran.

Bermacam jenis CCTV ini mungkin bisa membantu menggambarkan CCTV apa yang sesuai untuk kebutuhan pengawasan keamananmu:

Berdasarkan bentuk

  • Dome CCTV

CCTV bermodel dome memiliki bentuk seperti kubah terbalik yang terkesan elegan dan termasuk populer saat ini. Setelah bertahun tahun menyediakan jasa tukang pasang CCTV di Medan bisa dibilang tipe kamera dome inilah yang paling sering dipakai. Jenis ini lazimnya dipakai sebagai teknologi pemantau keamanan lingkungan bisnis seperti toko, restoran, kantor, dan sejenisnya karena desain yang adaptable dengan sekitar.

  • Bullet CCTV

Bagi yang membutuhkan kamera pengawasan di dalam ruangan serta lingkup yang termasuk pendek dan menengah, bisa memakai jenis ini. Bullet CCTV yang memiliki bentuk menonjol ini cocok diletakkan di lingkungan terang dan ruangan sempit yang ingin fokus diamati.

  • Standard Box Camera CCTV

Bentuknya kotak, cocok untuk kebutuhan pengawasan keadaan dalam lingkup jarak yang jauh dan bisa menggonta-ganti lensa sesuai dengan kebutuhan.

Berdasarkan fitur unik

  • Infra red/ day & night

Ada kalanya lingkungan menjadi gelap entah karena gangguan listrik, malam hari, maupun memang saat sedang mematikan lampu. CCTV ini sangat berguna untuk memantau situasi yang memiliki kondisi cahaya yang minim sehingga gambar tetap bisa tertangkap dengan fitur infra rednya. Sehingga saat siang atau malam hari, tempat terang maupun gelap, kamera ini tetap berfungsi dengan baik.

  • Water-weather Proof CCTV

CCTV yang berada di lingkungan luar pasti berpotensi terkena air hujan, maupun debu yang lebih intens dan langsung daripada CCTV indoor. Untuk jenis kamera water-weather proof, didesain khusus untuk kebutuhan tersebut, yakni berbahan kuat dan tahan segala cuaca meliputi proteksi dari air hujan serta debu yang berpotensi merusak komponen dalam CCTV. Sehingga, untuk yang mau memasang CCTV di outdoor, lebih baik memilih jenis CCTV ini.

  • Speed Dome CCTV

Beberapa CCTV hanya memiliki kapasitas memantau satu frame lingkungan yang disorot, tanpa bisa bergerak ke segala penjuru sekitar CCTV atau yang disebut Fixed CCTV. Akibatnya, lingkup pengawasan jadi terbatas. Speed dome CCTV menjawab soal ini dengan fitur uniknya yang bisa berputar secara horizontal sampai 360o dan vertikal hingga 90 o serta berputar berbalik arah ke bagian bawah sampai 180o

  • Zoom CCTV

Seperti namanya, jenis ini bisa melakukan upaya mendetailkan gambar yang terekam dari keseluruhan frame yang sudah tertangkap. Sehingga bisa merekam detail penting yang dibutuhkan seperti bukti wajah, plat nomer, dlsb.

Berdasarkan visibilitas 

  • Spy / Camouglage Camera

Pemantauan terkadang juga dibutuhkan secara diam-diam, terutama untuk mendeteksi tindakan kriminal. Tidak jarang, ada kejahatan yang tidak berhasil terekam dikarenakan keberadaan CCTV mudah diketahui dan kemudian dirusak oleh pelaku. Dengan jenis kamera yang tersembunyi ini, pelaku tidak mengetahui bahwa perbuatannya direkam dan bisa dijadikan bukti untuk membuatnya dihukum. Bentuk dan ciri untuk jenis ini beragam, ada yang menyamar menjadi benda lain seperti lampu, kancing baju, mata boneka, bulpoin, dan lain sebagainya.

  • Normal Camera

Eksistensi CCTV umumnya memang ditampilkan agar sebagai peringatan untuk orang yang tertangkap kamera tidak melakukan tindak kriminal tertentu. Sehingga ciri khas jenis kamera CCTV ini memiliki bentuk dan visibiltas yang jelas, bisa dilihat oleh siapapun yang sedang di lingkungan tersebut.

Berdasarkan koneksi

  • Wireless/nirkabel – Internet

Jenis CCTV ini memungkinkan pengguna untuk memantau situasi secara realtime dari jarak jauh, dari berbagai gadget yang sudah terkoneksi dengan wireless CCTV ini. Sehingga, CCTV tidak memerlukan kabel penghubung sama sekali untuk bisa menampilkan maupun menyimpan data rekaman lingkungan sekitar.

  • Kabel

CCTV yang menggunakan koneksi melalui kabel ini ada kelebihan bisa memberikan kualitas gambar yang paling baik di antara metode koneksi selainnya.

 

Nah, demikian beberapa jenis dan bentuk CCTV yang bisa disesuaikan dengan kondisi yang ingin diawasi serta di lingkungan mana CCTV akan dipasang.

error: Error..!!