5 Jenis Huruf Timbul

Huruf timbul menjadi media alternatif pemasaran yang menjadi representasi usaha dengan menunjukkan ciri unik. Huruf timbul/letter timbul biasanya dibentuk untuk tujuan menarik perhatian orang yang melihatnya. Nama dan karakter huruf yang unik bisa menjadi karakteristik brand pemilik usaha yang membuat orang-orang mudah mengenalinya. Tidak hanya itu, huruf timbul juga sering digunakan oleh berbagai perusahaan sebagai dekorasi kantor.

Namun, sebenarnya apa itu huruf timbul? Huruf timbul, biasa dikenal sebagai letter sign/letter timbul, adalah istilah untuk huruf tiga dimensi yang dapat dirangkai menjadi logo nama atau dekorasi dengan berbagai ukuran.

Logo timbul banyak digunakan di berbagai lokasi untuk menandakan sebuah tempat yang menjadi brand tersebut. Misalnya seperti kafe, mal, dan tempat wisata lainnya.

Huruf timbul tidak hanya menjadi media promosi, tetapi juga menjadi identitas yang khas untuk lebih mudah dikenali. Bagi pemilik usaha, teks dengan huruf timbul memberikan keuntungan karena publik akan mudah mengenali nama usaha tersebut. Karena faktor tersebut, huruf timbul memiliki kelebihan tersendiri sebagai media branding yang lebih mencolok.

Penggunaan dengan desain kreatif dan ikonik akan membuat calon konsumen penasaran. Pasalnya, penggunaan huruf timbul yang sesuai akan membuat tempat usaha lebih dikenal karena fungsi dekoratif dan branding yang berhasil. Nama usaha akan semakin terkenal dengan dengan huruf timbul yang sesuai dengan tujuannya. Tidak hanya itu, media ini bisa menjadi media branding jangka panjang.

Terdapat beberapa model huruf timbul yang dapat digunakan, yakni solid letter sign (huruf timbul solid) dan blank letter sign (huruf timbul kopong). Huruf timbul kopong ini kosong di bagian belakang dan biasa digunakan sebagai penanda tempat usaha. Untuk menimbulkan efek backlite, biasanya model ini dikombinasikan dengan lampu LED. Berbeda dengan huruf timbul solid yang tidak kosong di bagian belakang. Biasanya di bagian depan menggunakan akrilik, saat digabungkan akan terlihat terang penuh.

Dengan dua model yang berbeda tersebut, tentunya ada beberapa jenis huruf timbul dengan bahan-bahan yang berbeda seperti berikut ini:

Huruf Timbul Stainless Steel

Bahan utama dari jenis ini adalah stainless steel. Biasanya bahan ini cukup sulit dibentuk. Stainless steel banyak digunakan sebagai huruf timbul karena bahannya yang awet dan cukup murah dibandingkan bahan lainnya.

Ada perbedaan spesifikasi untuk bahan stainless, yakni stainless biasa, Stainless hairline, dan stainless mirror. Ketiganya memiliki perbedaan karakteristik. Stainless biasa memiliki permukaan yang seperti bahan stainless steel biasa, sedangkan stainless mirror mengkilap. Untuk stainless hairline, permukaan bahan bertekstur garis-garis tipis seperti rambut.

Huruf Timbul Akrilik

Material dasar dari jenis ini adalah akrilik yang lebih lentur sehingga mudah dibentuk karena berserat fiber yang memiliki ketebalan berbeda.

Bahan ini juga memiliki warna-warna yang berbeda dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya bahan akrilik dapat dipasangi lampu LED sehingga dapat memantulkan cahaya dari huruf tersebut untuk tampak mencolok.

Huruf Timbul Galvanil

Material dasar dari jenis ini adalah plat galvanil yang memiliki tampilan seperti seng. Bahan ini dibuat dari campuran logam besi dan zinc.

Dalam proses pembuatan huruf timbul biasanya dipoles dengan cat atau dengan printing. Biasanya bahan ini dipilih oleh perusahaan yang memiliki warna khas yang jarang ditiru oleh perusahaan lainnya.

Huruf Timbul Kuningan

Bahan kuningan adalah bahan tembaga yang memiliki kualitas ketahanan yang sangat baik. Kuningan banyak digunakan sebagai huruf timbul beberapa perusahaan besar karena dapat menampilkan kesan elegan untuk nama perusahaan tersebut.

Meski dapat oksidasi, bahan ini dapat dilindungi dengan cat coat khusus agar tidak cepat mengalami oksidasi.

Itulah pengertian dan jenis huruf timbul yang dapat kita ketahui. Terdapat model dan jenis huruf timbul berdasarkan material yang menjadi pertimbangan. Harga dapat dipengaruhi oleh material, kualitas, ketebalan, dan lainnya yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

error: Error..!!