5 Gangguan yang Sering Terjadi pada CCTV

Sebagai alat elektronik, yang memiliki teknologi secanggih apapun, CCTV tetap berpotensi mengalami masalah kerusakan yang mengganggu fungsinya. Entah itu yang disebabkan oleh komponen dalamnya ataupun karena faktor luar.

Jika sudah rusak, sebagian dari kita mungkin memilih untuk sekalian membeli yang baru atau memanggil teknisi untuk reparasi. Maka dari itu, kami dari jasa pasang cctv medan akan membagikan tips kepada pembaca untuk mengenali beberapa gangguan tersebut, sebelum anda memutuskan untuk membeli CCTV yang baru.

PERMASALAHAN FAKTOR INTERNAL

Tampilan gambar menjadi bermasalah

Salah satu komponen yang membantu kita untuk melihat keadaan yang disorot kamera, adalah gambar yang ditampilkan dari monitor maupun layar device lain. Namun, kadangkalanya, tampilan layar berupa gambar/video mengalami gangguan.

Misalnya seperti tampilan gambar yang tampak garis-garis, hitam/putih, buram atau lensa kamera tidak fokus, yang semua masalah tersebut mengganggu kualitas gambar.

Kerusakan pada DVR

Seperti yang pernah diulas sebelumnya, komponen yang berperan besar dalam pengolahan data gambar yang sangat penting dan telah direkam melalui kamera CCTV adalah DVR ini.

Namun, DVR juga bisa mengalami kerusakan yang mengganggu fungsi utamanya tersebut. Jika fungsi pengolahan dan penyimpanan data tidak berjaan dengan baik, maka gambar yang direkam melalui CCTV tidak dapat diteruskan menuju layar.

Penyebab umum dari kerusakan bagian ini adalah adanya korsleting listrik, kerusakan adaptor sehingga tegangan arus listrik yang kurang stabil, atau bahkan terjadi kehangusan salah satu bagian pada motherboard DVR

Kerusakan pada Kabel CCTV

Untuk menghubungkan satu perangkat dengan perangkat selainnya, kabel CCTV ini lah yang berperan penting. Ada yang bernama kabel coaxial, untuk penghubung antara CCTV ke DVR. Ada pula kabel power, berguna untuk menyuplai daya listrik secara terpusat untuk kemudian disalurkan ke kamera CCTV.

Namun baik coaxial maupun kabel power, bisa berpotensi mengalami kerusakan karena berbagai hal. Misalnya saja, kabel yang terbakar atau kurangnya kualitas kabel sehingga tidak awet serta tidak dapat dipakai secara maksimal

PERMASALAHAN FAKTOR EKSTERNAL

Sebab Kesengajaan

Pelaku kejahatan yang menyadari keberadaan kamera CCTV, tidak jarang melakukan upaya kerusakan demi menyembunyikan bukti perilakunya. Entah itu dirusak di bagian kamera, ditutupi oleh benda tertentu, atau bahkan kamera CCTV yang dilihatnya diambil/dicabut dari posisinya.

Semua hal ini memicu tidak adanya tampilan sama sekali atau kamera sudah menunjukkan indikasi kerusakan.

Sebab Lingkungan

Beberapa faktor alami dari lingkungan bisa saja memicu kerusakan pada setiap komponen. Entah itu karena kontaminasi debu, gangguan air, suhu yang terlalu panas, sarang laba-laba dan lain sebagainya.

Sebagai contoh, lingkungan bisa membuat kamera CCTV menjadi terlalu terang. Karena, kamera yang dekat dengan cahaya membuat tampilan menjadi begitu terang sehingga layar yang ditunjukkan di monitor terlihat silau.

Contoh lain, kamera yang terkena air embun bisa menurunkan kualitas gambar yang tertangkap sehingga bisa juga merusak komponen kamera dan memicu kerusakaan permanen pada CCTV, kecuali yang sudah didesain memang untuk anti air.

Bisa juga, kerusakan disebabkan karena adanya hewan, yang merusak komponen seperti kabel yakni rayap dan hewan pengerat yang mengigiti komponen kabel sehingga mengganggu fungsi utamanya untuk menghubungkan berbagai komponen perangkat lainnya.

 

Demikian beberapa gangguan umum yang terjadi pada CCTV. Sebelum anda benar-benar memutuskan untuk membel yang baru, tentukan dulu sebab utama kerusakan teknologi pemantau anda ini. Bisa jadi kerusakan yang terjadi hanya ada pada satu komponen dan itu masih bisa diperbaiki.