Cara Menghilangkan Bau Besi Pada Air Sumur Bor Ternyata Tidak Sulit

Ada kalanya air yang dihasilkan oleh sumur bor berkadar besi tinggi. Namun jangan khawatir, ada beberapa cara menghilangkan bau besi pada air sumur bor.

Salah satu keuntungan menggunakan sumur bor adalah air yang lancar dan banyak. Namun ada kalanya kualitas air yang didapat kurang baik. Entah itu air yang keruh, kuning atau berbau besi. Air berbau besi tentu tidak layak digunakan dan harus diproses dahulu agar baunya menghilang. Itulah sebabnya penting untuk mengetahui cara menghilangkan bau besi pada air sumur bor.

Bahaya Kadar Besi Yang Terlalu Tinggi Pada Air

Sebelum membahas cara menghilangkan bau besi pada air sumur bor, ada baiknya Anda pahami terlebih dahulu bahayanya kadar besi yang terlalu tinggi pada air. Zat besi atau ferrum sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh. Namun dalam kadar yang kecil. jika kadarnya berlebihan justru akan mengganggu kesehatan.

Kadar besi yang tinggi di dalam air sumur bor juga berbahaya. Karena itulah pemerintah bahkan telah mengatur standar kandungan besi di dalam air. Melalui Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 416/Menkes/Per/IX/1990. Di dalamnya disebutkan bahwa air yang layak pakai mengandung zat besi maksimal 1,0 mg per liter.

Tingginya zat besi di dalam air akan membuat air menjadi bau, licin di kulit, meninggalkan residu kekuningan dan mengakibatkan beberapa efek negatif. Yaitu gatal-gatal, ruam dan penyakit kulit lainnya, gangguan fungsi pencernaan, hingga mempengaruhi kesehatan otak.

Kadar zat besi yang tinggi di dalam air dapat disebabkan oleh banyak faktor. Diantaranya kadar basa atau pH air yang rendah, sumur bor yang kurang dalam, atau air yang terkontaminasi gas korosif.

Cara Menghilangkan Bau Besi Pada Air

Ada beberapa cara menghilangkan bau besi pada air yang berasal dari sumur bor. Dari cara sederhana yang nyaris tanpa biaya hingga cara yang lebih rumit dan berbiaya besar. Berikut ini adalah penjabarannya.

Menggunakan Filter Air

Cara paling mudah adalah dengan menggunakan filter air. Filter ini banyak dijual di pasaran. Anda juga bisa membuatnya sendiri. Filter air memiliki dua jenis, yaitu filter kran dan filter lapis.

Filter kran berupa penyaring yang dipasang pada mulut kran. Residu besi pada air akan tertinggal pada kain putih yang menyelimuti filter.

Sedangan filtr lapis adalah penyaring yang menggunakan beberapa bahan secara berlapis. Yaitu batu kerikil, pasir, sabut atau ijuk. Hasil saringannya akan jauh lebih baik daripada filter kran.

Baik filter kran maupun filter lapis perlu dibersihkan secara berkala agar hasil saringannya maksimal. Filter kran dapat dicuci bersih atau diganti karena harganya relatif murah. Sedangkan filter lapis lebih rumit dalam proses pembersihan. Sabut filter perlu dikeluarkan dan dicuci hingga endapan yang tertinggal hilang seluruhnya, barulah dapat digunakan kembali.

Menggunakan Garam

Anda dapat menaburkan bubuk garam dapur yang telah dilarutkan ke dalam segayung air ke dalam air di penampungan untuk menghilangkan bau besinya. Tunggu 6 jam, barulah air dapat digunakan. Anda dapat menggunakan cara ini beberapa kali sehari untuk air yang ditampung di dalam bak.

Menuangkan Kaporit Atau Tawas

Seperti halnya garam, kaporit juga sebaiknya dilarutkan dahulu barulah disiramkan ke air di penampungan. Kaporit dapat menghilangkan bakteri di dalam air sekaligus menghilangkan bau besi sehingga air dapat digunakan. Namun jangan terlalu banyak menggunakan kaporit karena akan mengakibatkan perih pada mata.

Menambah Kedalaman Sumur Bor

Air yang berbau besi biasanya didapat dari sumur bor yang kurang dalam. Jika dana memungkinkan, Anda dapat menambah kedalaman sumur bor hingga air yang didapat jernih dan tidak berbau. Terkadang perlu juga mengganti lokasi sumur bor hingga didapat air tanah yang jernih.

Selain dengan empat cara di atas, menghilangkan bau besi pada air juga bisa dilakukan dengan menggunakan bahan-bahan kimia. Beberapa bahan kimia yang dapat digunakan untuk menghilangkan bau besi tersebut adalah karbon aktif, pasir silika, resin kation lewatit, ferrolite, kalium permanganate, klorin, dan hipokhlorit

Demikian cara menghilangkan bau besi pada air sumur bor. Dengan air yang tidak lagi berbau serta minim residu besi, tentu akan lebih sehat dikonsumsi maupun digunakan untuk membersihkan badan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.